Wednesday, January 25, 2017

Published 8:27 PM by with 0 comment

Info Kampus Universitas Indonesia (UI)

Sejarah

Visi
Mewujudkan Universitas Indonesia menjadi PTN BH yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, menuju unggulan di Asia Tenggara
Misi
  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  • Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.
  • Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.
  • Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI
Tujuan
  • Menciptakan komunitas pendidikan yang inklusif, berdasarkan pada adab, kepercayaan, integritas, saling menghargai dan kebhinekaan dalam lingkungan yang aman dan bersahabat;
  • Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani melalui penyediaan program pendidikan yang jelas dan terfokus sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, memperkaya, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan;
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan serta mengupayakan penerapannya untuk meningkatkan martabat dan kehidupan masyarakat, dan memperkaya kebudayaan nasional;
  • Mendorong dan menguatkan pengembangan ilmu-ilmu yang telah ada, maupun ilmu-ilmu dan kajian baru dalam bidang monodisiplin, multidisiplin, interdisiplin, demi menjawab tantangan persoalan kehidupan yang makin kompleks;
  • Mendorong dan mendukung peran serta aktif sivitas akademika dalam pembangunan dan pengabdian kepada masyarakat yang demokratis, sejahtera, dan beradab sebagai kekuatan moral yang mandiri;
  • Memperkuat peran sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, dan bekerjasama dengan lembaga dan asosiasi profesi, sehingga lulusan dapat memperoleh keahlian pada tingkat professional;
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada bangsa, negara, dan dunia melalui kolaborasi, kemitraan, dan kesempatan untuk pengayaan budaya dan pendidikan berkelanjutan, dan;
  • Berinvestasi pada pengembangan professional bagi semua warga UI dan juga dalam teknologi bermanfaat dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif melalui pengajaran, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.
Tahapan yang akan dilalui UI dalam rencana jangka panjang adalah sebagai berikut:
Tahap I (2015-2020) UI mengkonsolidasikan semua potensi yang dimilikinya dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga UI menjadi PTN BH yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, menuju unggulan di Asia Tenggara.
Tahap II (2021-2025) UI memperkuat penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dan berperan sebagai advokator dalam menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, dan masuk ke peringkat 5 (lima) besar di Asia Tenggara.
Tahap III (2026-2030) UI mengembangkan dan memanfaatkan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, dan memantapkan diri sebagai 5 (lima) besar di Asia Tenggara
Tahap IV (2031-2035) UI secara konsisten melanjutkan penguatan, pengembangan dan pemanfaatan Tridharma Perguruan Tinggi dalam menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global, sehingga mampu berperan sebagai ‘Guru Bangsa’ serta menjadi universitas unggulan di Asia.

Adapun penjabaran atas tahapan dalam pencapaian sasaran diatas bisa dilihat pada narasi berikut:
Tata Kelola dan Manajemen
Pembangunan tata kelola dan manajemen dengan landasan yang kuat melalui:
  • Sistem informasi yang terintegrasi.
  • Prinsip-prinsip tata kelola universitas yang transparan, akuntabel, bertanggung jawab, independen dan adil.
  • Kepemimpinan yang menganut prinsip top-down dan bottom-up di semua lini menegakkan kebenaran, kejujuran dan keadilan (veritas, probitas, justitia) dengan semangat kolegialitas.
Pendidikan
Struktur program pendidikan yang luwes dan selaras dengan tujuan pembangunan manusia Indonesia yang maju dan bermartabat untuk menghasilkan lulusan yang tangguh, mandiri, dan mampu menyesuaikan diri dalam perubahan-perubahan yang terjadi serta dapat menjadi pemimpin di lingkungannya baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
Program pendidikan yang mencakup program sarjana, pasca sarjana, profesi dan vokasi, menyediakan lingkungan yang stimulatif untuk mempersiapkan mahasiswa yang mampu memahami beragam keilmuan dan keterampilan serta mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Hibriditas keilmuan diwujudkan melalui integrasi akademik berlandaskan pendidikan inter, multi, dan atau trans-disiplin untuk memberi kontribusi pada kemajuan ilmu-ilmu dasar.
Pengembangan UI di bidang akademik dikelola dengan sistem manajemen akademik dan penjaminan mutu berstandar internasional, dan berlandaskan prinsip kredibilitas, integritas, akuntabilitas, transparansi, dan keadilan. Pengembangan metoda proses belajar-mengajar berbasis Student Center Learning dan elearning. Dalam hal ini, proses pembelajaran menekankan pada budaya belajar mandiri (learn and re-learn). Sebagai penunjangnya sumber pembelajaran dapat dialihteknologikan ke dalam bentuk digital (e-book, tautan, artikel dll.), dan dapat diakses secara luas (berkaitan dengan citation index).
Lokakarya yang teratur diselenggarakan terkait pengembangan dan solusi praktis ke dunia industri dan masyarakat. Open education – e-learning untuk melayani pendidikan bagi mereka yang terbatas aksesnya khususnya ilmu pengetahuan terapan dasar (seperti, teknologi, administrasi, ekonomi, humaniora).
Riset dan Inovasi
Pembangunan riset yang berkualitas yang ditunjang oleh perencanaan dan manajemen riset yang berkualitas, serta pengalokasian pendanaan riset yang menganut prinsip otonomi anggaran. Pembangunan ilmu pengetahuan yang mutakhir, inovatif, tepat guna serta menghasilkan terobosan pemikiran (HKI, paten).
Riset unggulan yang dapat beroperasi mandiri maupun gabungan atau beririsan dikelompokkan ke dalam empat kelompok unggulan :
  • Indigenous Study : berfokus pada riset kearifan dan pengetahuan lokal untuk menjawab masalah dan persoalan lokal dan mampu diangkat ke level global.
  • Science & Technology : berfokus pada inovasi dan terobosan pengetahuan berbasis ilmu pengetahuan alam dan penerapannya untuk memberikan kontribusi pada masalah dan persoalan bangsa.
  • Health & Gnome : berfokus pada aspek kesehatan masyarakat secara umum di Indonesia serta melakukan terobosan dan inovasi untuk menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat.
  • Sosial, Politik, Ekonomi dan Hukum : berfokus pada aspek sosial, politik, ekonomi dan hukum dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
Pengabdian kepada Masyarakat
Pembangunan pengabdian kepada masyarakat yang diarahkan untuk memberikan kontribusi pada penyelesaian masalah bangsa. Pembangunan outreach program (antara lain melalui e-learning, pendampingan, dll.) yang menyertakan lembaga di UI, dosen dan mahasiswa melalui program pendidikan formal dan informal untuk terjun langsung ke masyarakat dalam mengatasi masalah dan persoalan bangsa khususnya di tingkat local
SDM (Dosen dan Tenaga Kependidikan)
Pembangunan sumber daya manusia berlandaskan pada etika dan berorientasi pada kinerja. Pengelolaan SDM Dosen dan Tenaga Kependidikan dilakukan secara terintegrasi oleh universitas.
Pengembangan sumber daya manusia melalui sistem tata kelola yang efektif dan efisien untuk menghasilkan kinerja yang unggul. Pengembangan SDM unggul termasuk riset cluster, HKI, paten, layanan konsultansi, program beasiswa S3 yang fokus pada pembangunan bangsa dan negara.
Sarana dan Prasarana
UI sebagai suatu entitas yang terpadu perlu membangun landasan yang kuat berupa optimalisasi sumber daya berbasis penggunaan biaya dan sumber daya bersama (cost-sharing dan resource-sharing).
Pengembangan UI dalam sarana dan prasarana diarahkan kepada kegiatan mewujudkan layanan prima yang efisien dan efektif, ramah lingkungan, serta didukung oleh pengendalian internal dan manajemen risiko yang kuat. Infrastruktur yang berkualitas mencakup, laboratorium yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran maupun riset, bangunan untuk para spesialis (pusat riset, cluster riset, dll.), pusat komputer, perpustakaan, pelayanan pada mahasiswa.
Keuangan dan Pendanaan
Pembangunan sistem keuangan dan pendanaan untuk mewujudkan otonomi UI dalam bidang keuangan dan pendanaan. Mengintegrasikan sistem keuangan dan pendanaan secara terpadu.
Peran Pemangku Kepentingan
Pembangunan kerjasama dengan alumni, industri dan lain-lain. sistem tata kelola yang memantapkan jejaring di dalam maupun luar negeri dan peluang sumber daya dan dana selain dari pemerintah, yakni dari alumni, industri dan lainnya, serta Memantapkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui kerjasama dengan para pemangku kepentingan.
Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan
Pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan diarahkan untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air dan tercapainya keseimbangan perkembangan fisik dan psikis, yang tercermin dalam sikap terbuka untuk menerima keragaman budaya.
Berikut ini adalah 8 (delapan) agenda besar perencanaan strategis universitas yang terjabar sebagai beikut:
  • Meningkatkan peringkat akreditasi terbaik dari lembaga akreditasi nasional dan internasional serta meningkatnya rangking Ul di tingkat Dunia
  • Meningkatkan daya saing lulusan, baik ditingkat nasional maupun internasional
  • Meningkatkan budaya dan kualitas riset, semangat enterpreneur, inovasi, tepat guna, dan menghasilkan terobosan pemikiran serta dapat diterapkan dalam pengabdian kepada masyarakat;
  • Mewujudkan Ul sebagai perguruan tinggi yang sehat berdasarkan penerapan good university governance
  • Memperkokoh landasan sumber daya manusia pada etika dan berorientasi pada kinerja, integritas dan integrasi sivitas akademika
  • Merekrut mahasiswa terbaik dari berbagai latar belakang dan memiliki kemampuan akademis yang sangat baik
  • Memperkuat kolaborasi dan kemitraan dalam pendidikan, riset, dan antara pendidikan dan riset, dalam iklim akademik yang dinamis tanpa batas
  • Mengembangkan Sarana dan Prasarana yang berkualitas dalam upaya mewujudkan layanan prima yang efisien dan efektif.
Deskripsi lebih lengkap atas pemaparan delapan agenda perencanaan dapat dilihat pada tautan RENSTRA berikut.
Universitas Indonesia memiliki rencana strategis (renstra) yang telah disusun dan disepakati oleh jajaran manajemen universitas. Renstra ini menjadi panduan universitas dalam menjalankan visi dan misi universitas.
Didalamnya terdapat ekspektasi keberhasilan universitas setiap tahunnya. Selain itu, dalam renstra ini juga terdapat strategi pencapaian tujuan universitas beserta indikator keberhasilan yang digunakan sebagai standar penilaian keberhasilan dari proses yang dijalankan. Dalam menentukan strategi dan menentukan indikator keberhasilan ini, UI telah mempertimbangkan dengan cermat nilai dasar, kondisi internal dan eksternal, baik dalam perspektif regional maupun internasional.
Dokumen Referensi:

Smber: http://www.ui.ac.id/

      edit

0 comments:

Post a Comment