Wednesday, January 25, 2017

Published 12:47 AM by with 0 comment

Tips Mencegah Cedera Gigi dan Mulut

Tips Mencegah Cedera Gigi dan Mulut
Cedera pada gigi dan mulut umum terjadi. Sekitar 80% cedera gigi berkaitan dengan satu atau lebih gigi depan dan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak, seperti lidah, bibir, dan pipi bagian dalam.
Pada anak yang sangat muda, cedera gigi pada bayi biasanya akibat dari belajar berjalan, dan mungkin juga ada kerusakan pada gigi permanen yang belum tumbuh. Sumber utama cedera gigi dan mulut pada remaja dan orang dewasa adalah cedera olahraga. Hal ini karena hingga 40% cedera gigi pada remaja dan orang dewasa terjadi pada saat berolahraga.

Tips Mencegah Cedera Gigi dan Mulut Yang Terkait Dengan Berolahraga

  • Pelindung Mulut : Saat berolahraga, cara terbaik untuk melindungi gigi dan mulut Anda adalah dengan menggunakan pelindung mulut.
  • Pelindung Wajah : Peralatan ini melindungi wajah terhadap trauma, terutama ketika Anda memegang posisi tertentu dalam beberapa olahraga seperti penangkap bisbol atau kiper hoki.
  • Helm : Sangat bijaksana untuk mengenakan helm yang tepat dengan kegiatan yang akan Anda lakukan. Walaupun kebanyakan helm tidak melindungi gigi dan mulut, namun helm akan melindungi daerah penting lain, yaitu kepala Anda, untuk membantu melindungi kepala terhadap gegar otak.

Dapatkah Gigi Yang Lepas Diperbaiki?

Ya, gigi yang terlepas dapat diperbaiki, dan semakin cepat Anda berobat ke dokter gigi akan semakin baik. Kemungkinan penyelamatan tertinggi dari gigi yang terlepas adalah yang diobati dokter dan dikembalikan ke soket gigi dalam waktu satu jam setelah terlepas. Jika gigi terlepas, bilas lembut setiap kotoran dari akar dan usahakan untuk menempatkan kembali gigi ke dalam soket. Jika tidak mungkin, simpan gigi tersebut di mulut selama perjalanan ke dokter gigi Anda. Jika tidak bisa, simpan gigi yang terlepas di dalam susu hingga Anda sampai ke dokter gigi.
Walaupun gigi Anda tidak dapat diselamatkan, bukan berarti Anda kehilangan senyum Anda. Kemajuan dalam kedokteran gigi sekarang, maka implan gigi tiruan dapat dipasang langsung ke tulang rahang Anda, dengan mahkota gigi dari porselen untuk membantu dalam menggigit, mengunyah, ataupun estetika.
Sumber: WebMD
      edit

0 comments:

Post a Comment