Thursday, November 3, 2016

Published 6:14 PM by with 0 comment

Demonstrasi 4.11.16: Kecintaan pada Kebhinekaan

Sejarah mencatat bangsa Indonesia dibangun dengan pondasi kebhinekaan – kemajemukan. Soekarno – Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 dengan membacakan teks proklamasi, “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia…”. “Kami bangsa Indonesia” bukan “Kami kaum muslim”, atau bukan “Kami orang pribumi”, “Kami bangsa Indonesia” mencerminkan penghargaan terhadap kebhinekaan. Perjuangan menuju kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia mengindahkan perbedaan-perbedaan, baik kesukuan, agama, ras, dan golongan.
Demonstrasi yang dilakukan “Pencinta Kebhinekaan” pada tanggal 4 November 2016 berasal dari berbagai daerah menuju Masjid Istiqlal Jakarta – meetingpoint. Agenda khusus demonstrasi – aksi damai ini adalah memperjuangan keadilan hukum bagi terduga penista agama yang dilakukan oleh pejabat publik – Gubenur DKI Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama – Ahok.
Aksi ini didasarkan pada kecintaan bangsa Indonesia terhadap kesatuan NKRI, bukan tunggangi oleh kepentingan politik semata. Memperjuangkan kebhinekaan jauh lebih penting dibandingkan kepentingan politik golongan. Diharapkan dikemudian hari tidak ada lagi orang atau golongan yang akan mengancam NKRI – hukum harus ditegakan!.
      edit

0 comments:

Post a Comment