Tuesday, February 7, 2017

Published 11:07 PM by with 0 comment

Bermimpi Mendaki Tujuh Gunung Tertinggi di Dunia? Simak Dulu Persiapannya

Untuk mencapai tujuh puncak tertinggi di dunia, dibutuhkan persiapan fisik, mental dan biaya yang tak murah.

Bermimpi Mendaki Tujuh Gunung Tertinggi di Dunia? Simak Dulu PersiapannyaGunung Kilimanjaro dipotret dari Taman Nasional Amboseli di Kenya. (Thinkstock)
Adakah dari Anda yang memiliki mimpi mendaki tujuh gunung tertinggi di dunia? Jika ya, bersiap-siaplah, karena semua itu memerlukan biaya yang tak murah. 
"Untuk naik gunung high altitude yang perlu disiapkan itu peralatan, fisik, pengetahuan tentang gunung, dan mental," kata General Manager The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition, Mahitala Unpar, Sebastian Prasetyo, Selasa (24/1/2017).
Pria yang akrab disapa Bastian ini mengatakan bahwa perencanaan waktu antara mendaki dan jeda istriahat antar gunung juga harus diperhatikan. Contohnya pada ekspedisi The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition, Mahitala Unpar, dua pendaki perempuan Fransiska Dimitri Inkirawang (23) dan Mathilda Dwi Lestari (23) memanfaatkan waktu jeda untuk terus berlatih. 
"Mereka selama dua tahun ini (ekspedisi dimulai tahun 2014) latihan fisik. Dalam tujuh hari persiapan fisik lima hari, dua hari istirahat tetapi iistirahatnya juga untuk spiritual seperti yoga dan wind of methods seperti hipnoterapi untuk menyiapkan diri di medan yang dingin," kata Bastian.
Selain itu, pengetahuan juga penting bagi ekspeditor. Menurut Bastian mencari tahu dari pengalaman orang, referensi buku, dan merumuskan latihan harus dilakukan oleh para penakluk tujuh gunung tertinggi.
"Hal yang paling penting adalah membangun mental, karena ada orang yang sudah tua dan kekurangan justru lebih kuat. Itu karena mental," kata Bastian. 
Ia mengatakan mendaki gunung-gunung tinggi dijadikan ajang latihan untuk sampai ke gunung tertinggi dunia yang juga memiliki suhu ekstrem, seperti Gunung Everest di Nepal. Lantas, berapa biaya yang diperlukan untuk mendaki tujuh gunung tertinggi di dunia?
Untuk gunung kelima, Vinson Massif, Bastian mengatakan ekspedisi The Women of Indonesia's  Seven Summits Expedition memerlukan biaya Rp 1,4 miliar.
"Untuk lima gunung ini sudah habis dua miliar lebih, yang dua gunung lagi belum dihitung," kata Bastian. Dalam ekspedisi tersebut ada tiga pendaki perempuan, satu di antaranya harus mundur saat sampai di gunung keempat yakni Gunung Aconcagua di Argentina karena sakit.
Tujuh gunung tertinggi di dunia yang menjadi impian banyak pendaki antara lain Gunung Cartenz di Papua, Gunung Elbrus di Rusia, Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Gunung Aconcagua di Argentina, Gunung Vinson Massif di Antartika, Gunung Denali di Amerika Utara, dan Gunung Everest di Nepal.

(Silvita Agmasari/Kompas Travel)
      edit

0 comments:

Post a Comment